Pandemi Covid-19, Pemkot Bogor Berencana Buka Wisata Ciliwung : Okezone Megapolitan

BOGOR – Pemerintah Kota Bogor berencana untuk membuka tujuan wisata baru yang aman selama pandemi co-19 dalam aliran Sungai Ciliwung, tepatnya di Sukaresmi, Kabupaten Tanah Sareal, Kota Bogor.

Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan rencana itu datang setelah ia memiliki kesempatan untuk berdiskusi dengan Kepala Satuan Tugas Nasional yang juga Kepala BNPB Letjen Doni Monardo tentang pariwisata yang aman selama pandemi 19 tahun.

"Dalam jangka pendek kita akan menyulap tempat ini menjadi tujuan wisata yang aman dan sehat di era pandemi ini. Sekarang orang perlu meningkatkan kekebalan dengan berjemur dan kegiatan di luar ruangan. Jadi, kegiatan orang yang kita baca tidak lagi banyak ke mal, tapi untuk ruang terbuka, "kata Bima, dalam keterangannya, Selasa (7/7/2020).

Kemudian, dalam jangka panjang, hal itu dapat memaksimalkan potensi daerah untuk menjadi ecoriparian, yaitu penataan wilayah sungai menjadi produktif dengan konsep pendidikan lingkungan.

"Dalam jangka panjang kami akan memberdayakan dan memaksimalkan potensi tempat ini untuk ekoriparianisme. Jadi wisata air diintegrasikan dengan konservasi tanaman dan alam. Tapi itu jangka panjang karena ada banyak hal yang harus dilakukan terkait dengan infrastruktur, seperti tanah akuisisi, "katanya.

Ilustrasi Sungai Ciliwung

Baca juga: Pemerintah Kota Bekasi Mengizinkan Sekolah Tatap Muka, Selama …

Baca juga: Evaluasi 96 Lembaga, Tjahjo: Tidak Maksimal Dapat Dibubarkan

Nantinya, kawasan wisata tersebut akan dikelola oleh warga setempat yang dibantu oleh aparat daerah dan tim dari Satgas Sungai Ciliwung.

"Saya punya tugas Lurah untuk menyiapkannya sehingga warga bisa mengelolanya. Satu minggu saya minta ini untuk dipersiapkan. Saya bisa keluar dari Jambu Dua, bisa berkemah di sini, hiking di sini, juga bisa menjadi pengelolaan sampah kegiatan, bisa menjadi barbekyu dan pasti berjemur dan berolahraga "Tidak ada terlalu banyak pengkondisian, yang penting adalah bahwa orang sudah siap. Jadi infrastrukturnya dibiarkan alami, "kata Bima.

Sementara itu, Kepala Komunitas Ciliwung Peduli (KPC) Een Irawan Putra menyatakan bahwa di Bogor masih ada satu perbatasan Ciliwung yang tersisa. Dapat diselamatkan dan peluang untuk dikelola lebih besar dan berdampak lebih besar pada warga sekitar.

"Karena di Sukaresmi kontur lebih lembut daripada desa-desa lain. Desa-desa lain curam." Sejak pandemi ini telah ada kegiatan baru atau kebiasaan warga yang mulai menyadari pentingnya daya tahan tubuh dan kesehatan untuk menghindari co-19. penularan pandemi, "kata Een.

Een menambahkan, yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah mencoba berbagai akses agar lebih mudah mencapai lokasi. Minggu ini, Walikota Bima Arya Pum akan mencoba kegiatan berkemah di daerah delta sungai Ciliwung.

"The Guardian dalam waktu dekat ingin mencoba kegiatan kami di sini maka kami akan berkemah di sini. Sudah dibahas dengan Kepala PUPR untuk mulai mengatur tempat berkemah, Kepala Pariwisata untuk membuat trek dan kegiatan. Jadi, jika kita berkemah disini mengundang orang luar pasti ada pengalaman yang ditawarkan, "pungkasnya.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here