Langsung Tidur Setelah Olahraga? Ketahui Dampaknya!



GGWP.ID juga memiliki konten TikTok lur! Ikuti TikTok kami di @gwpindonesia untuk mendapatkan informasi game dan esports setiap hari mengintai! Terjamin tidak membuat baper yang ada di sana hepi.


Setelah berolahraga, biasanya tubuh butuh istirahat. Tapi apakah saya tetap bisa tidur setelah berolahraga?

Selain meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh, olahraga juga dapat meningkatkan detak jantung dan aliran darah. Olahraga juga diklaim dapat membantu meningkatkan energi tubuh kita.

Di sisi lain, banyak orang justru merasa mengantuk setelah berolahraga, terutama saat melakukan olahraga dengan intensitas tinggi.

Terlalu lelah untuk fitnes ** OUTS – ELSENT, FPG – OUTS * NM, PH, VA jika bersumber dari CT, LA atau MoD **

Secara umum, merasa lelah setelah berolahraga adalah hal yang wajar. Namun hal ini biasanya terjadi pada saat kita melakukan latihan intensitas tinggi.

Olahraga dengan intensitas rendah seperti jalan kaki biasanya tidak membuat kita merasa lelah. Namun tubuh setiap orang berbeda-beda sehingga efek yang dirasakan setelah berolahraga berbeda-beda.

Dilansir dari Kompas.com, efek olahraga pada setiap orang berbeda-beda, tergantung hal-hal berikut ini:

  • tingkat kebugaran
  • diet
  • tingkat hidrasi
  • jenis durasi latihan, intensitas, dan frekuensi latihan
  • kondisi medis yang mendasari
  • durasi tidur sebelum berolahraga.

Dalam beberapa kasus, kita sering merasa mengantuk setelah berolahraga. Ini bisa dijelaskan gengs, kOndisi ini menunjukkan bahwa kita terlalu memaksakan diri.

Rasa kantuk setelah berolahraga bisa jadi disebabkan oleh respons alami tubuh terhadap aktivitas fisik.

Saat berolahraga, otot tubuh berkontraksi berulang kali yang membutuhkan adenosin trifosfat atau molekul yang memberikan energi untuk sel.

Namun kadar molekul ini menurun saat kita berolahraga terus menerus. Akibatnya kemampuan otot menjadi berkurang dan menyebabkan kelelahan.

Selama berolahraga, sistem saraf pusat juga berulang kali mengaktifkan sinyal untuk menjaga agar otot tetap bergerak, yang menyebabkan kelelahan.

Selain itu, olahraga meningkatkan berbagai neurotransmiter, termasuk dopamin dan serotonin.

Perubahan ini mengurangi kapasitas sistem saraf pusat untuk mengaktifkan otot, yang menyebabkan kelelahan pusat. Kondisi ini bisa memicu rasa kantuk.

Efek samping tidur setelah berolahraga

Meski wajar dan terasa enak, tidur setelah berolahraga juga bisa menimbulkan efek samping berikut:

  • Mengurangi kualitas tidur

Olahraga meningkatkan endorfin dan suhu tubuh, yang membuat otak dan tubuh tetap terjaga. Meski kantuk melanda, kualitas tidur setelah berolahraga tidak akan maksimal.

  • Denyut jantung meningkat

Tidur setelah berolahraga, apalagi dalam waktu yang lama, akan membuat detak jantung Anda meningkat dan membuat otak Anda merasa bingung. Namun, ini biasanya hanya berlangsung 30 menit setelah bangun.

Manfaat

Kabar baik bagi Anda yang sering tidur setelah berolahraga juga bisa mendatangkan manfaat sebagai berikut:

Tidur setelah berolahraga dapat mendukung pemulihan otot. Saat tidur, kelenjar pituitari melepaskan hormon pertumbuhan. Otot juga membutuhkan hormon ini untuk memperbaiki dan membangun jaringan. Ini penting untuk pertumbuhan otot, kinerja atletik, dan menuai manfaat dari aktivitas fisik.

  • Mengurangi kelelahan fisik

Mengantuk setelah berolahraga merupakan tanda kelelahan otot. Tidur setelah berolahraga dapat membantu kita mengatasi rasa lelah ini.

  • Tingkatkan kewaspadaan mental

Tidur, olahraga, dapat meningkatkan energi mental dan mengurangi kelelahan. Ini bisa meningkatkan mood kita.

Baik, Nah itulah dampak manfaat dan bahayanya tidur sehabis olah raga, demikian sobat sekalian yang sudah senam hari ini. gang?


Banner turnamen putih alt 1

Ingin menjadi seorang atlet esports, tapi tidak punya tim? Bingung mencari turnamen esports mengikuti? Santuy lur, GGWP.ID memiliki platform turnamen di GGWP.ID/tournament. Di sini, Anda dapat menemukan teman untuk membuat tim, membuat turnamen sendiri, dan juga mendaftarkan turnamen untuk diasah ketrampilan ditambah menangkan hadiah! Ayolah daftar diri Anda di sini, GRATIS bubur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here