https: img.okezone.com content 2020 10 27 278 2300055 jelang-akhir-oktober-terungkap-fakta-menarik-ihsg-zbIphrhHEe.jpg

JAKARTA – Secara historis dalam lima tahun terakhir, pergerakan IHSG pada bulan Oktober bergerak menguat dan berada di zona hijau, dengan rata-rata kenaikan IHSG sebesar 1,37% meskipun pada tahun 2018 terjadi koreksi pada bulan Oktober.

Jika dicermati secara year-to-date (YTD), kinerja IHSG turun -18,34% dengan nilai perdagangan mulai 23 Oktober 2020 sebesar Rp1.273 triliun. Namun secara month-on-month (MoM), IHSG naik 4,84%.

Menurut Senior Analyst MNC Sekuritas Herditya Wicaksana, ada beberapa katalisator yang membuat IHSG bergembira di bulan Oktober, antara lain: dibukanya PSBB di Jakarta, disahkannya Omnibus law on Job Creation, dan kenaikan harga komoditas dunia yang secara langsung berkontribusi pada kenaikan harga saham. saham komoditas di IHSG.

“Menjelang akhir Oktober 2020 kita amati asing jual bersih Rp 10,42 triliun, dimana dari data yang kami peroleh selama Oktober 2020, lima emiten yang masih diminati dan dibeli asing adalah ASII, BMRI, INTP, BTPS, dan BBCA ., sedangkan lima emiten yang dilepas asing selama Oktober 2020 adalah TLKM, BBRI, UNTR, ICBP, dan ADRO, ”kata Didit, Jakarta, Selasa (27/10/2020).

Lebih lanjut dia memperkirakan hingga akhir Oktober 2020, IHSG masih mampu menguat secara terbatas dengan kisaran pergerakan di 5.095-5.182. Namun, para pelaku pasar bisa mencermati dan lebih waspada di awal November, gara-gara pemilihan Presiden AS, rilis laporan keuangan dari emiten yang kinerjanya diperkirakan masih menurun meski kinerjanya lebih baik dari kinerja di Q2. Selain itu, pelaku pasar juga menantikan rilis data PDB Q3 Indonesia dimana secara konsensus PDB Indonesia masih minus tetapi trendnya akan lebih baik dari Q2.

Informasi lengkap mengenai analisis IHSG dan saham-saham pilihan dari tim Riset MNC Sekuritas dapat diakses di aplikasi MNC Trade New pada menu MNC Research. Tidak hanya itu, ulasan sektoral dan terdaftar juga tersedia secara lengkap dan diperbarui secara berkala. Yuk download sekarang juga melalui: bit.ly/mnctradeall.

Penutupan Perdagangan, IHSG Menguat Tipis

(kmj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here