https: img.okezone.com content 2020 12 08 481 2323711 jangan-takut-kenali-gejala-umum-usai-divaksin-QP5XpwNhXx.jpg

Pemerintah memutuskan untuk melakukan vaksinasi massal terhadap masyarakat Indonesia sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19. Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto telah menetapkan 6 jenis vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat.

Berdasarkan Keputusan Menteri (Kepmen) Kesehatan Nomor HK.01.07 / Menkes / 9860/2020 yang ditandatangani Terawan tanggal 3 Desember 2020. Berisi Penetapan Vaksin untuk Pelaksanaan Vaksinasi Penyakit Virus Corona 2019 (Covid-19).

injeksi vaksin

Sekadar informasi, vaksin adalah produk biologi yang mengandung antigen. Ketika diberikan kepada seseorang maka secara aktif akan menimbulkan kekebalan khusus terhadap penyakit tertentu. Meski aman digunakan, vaksin tersebut akan menimbulkan gejala awal bagi penggunanya.

Merangkum dari laman Instagram resmi Kementerian Kesehatan RI @kemenkes_ri, Selasa (8/12/2020), vaksin yang diberikan kepada masyarakat sudah lolos uji Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). .

“Ada juga gejala yang muncul setelah vaksinasi, yakni demam ringan, ruam merah, bengkak merah, dan nyeri di tempat suntikan setelah imunisasi,” tulis akun Kementerian Kesehatan RI.

Baca juga: Tak Disangka, 4 Tumbuhan Liar Ini Bisa Dimakan

Ini menyatakan bahwa reaksi yang muncul adalah normal. Gejala tersebut akan hilang dengan sendirinya dalam 2-3 hari.

“Segera bawa anak ke fasilitas kesehatan jika ada gejala pasca imunisasi yang serius seperti demam tinggi dan kejang,” pungkasnya.

(DRM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here