Jadi Aset Safe Haven, Berikut Untung Rugi Investasi di Emas : Okezone Economy

JAKARTA – Di tengah wabah virus korona atau Covid-19 ini, banyak orang mencari investasi di tanah safe haven. Salah satunya adalah emas.

Namun, bagaimana emas bisa menjadi tempat berlindung yang aman?

Menurut Financial Planner, Prita Ghozie, safe haven adalah aset yang berbanding terbalik dengan gejolak pasar keuangan. Di mana, aset-aset ini membuat kita memiliki daya beli di masa depan.

Baca juga: Dipecat bisa mendapatkan pesangon, apakah itu investasi atau kepemilikan emas Tunai?

Salah satunya adalah emas, karena asetnya tahan korosi hingga 24 karat. Selain itu, harga komoditas stabil dan sifatnya cair dapat menyeimbangkan portofolio investasi.

Karena itu, ia memberi sedikit solusi dalam menjadikan emas sebagai aset safe haven. Pertama, kita perlu mengatur alokasi emas untuk portofolio.

"Agar kita dapat mengalokasikan apa pun profil kita, setidaknya 10% di antaranya adalah emas. Ada cadangan dalam bentuk emas," katanya dalam video Instagram, Jakarta, Sabtu (7/11/2020).

Baca juga: Inilah Cara Mempersiapkan Gaji ketika Dihantui oleh Badai Layoff

Kedua, lanjutnya, pahami bentuk emas yang bisa menjadi investasi. Memang menurutnya yang terbaik adalah dalam bentuk batangan dibandingkan dengan perhiasan.

"Karena ada biaya. Jika batangan emas cocok dan kadarnya sama, hanya gram yang ditetapkan," katanya.

Selain itu, katanya, tentukan periode waktu dalam menyimpan emas. Meskipun tidak ada periode waktu, kita harus melihat pergerakan inflasi.

"Sepertinya kita ingin emas selalu ada di sana untuk melindungi aset kita. Jadi teman-teman, jika Anda ingin berinvestasi dalam emas, Anda tidak perlu memikirkan periode waktu. Yang penting adalah menjalankan dengan inflasi, "katanya.

Akhirnya, menurut Prita, pahami risiko yang terkait dengan investasi emas. Meski tidak terpengaruh oleh gejolak keuangan, risiko tetap ada.

"Tetapi karena ini adalah bentuk fisik dan milik kita, risikonya adalah kerugian. Kita harus melindunginya. Jadi terserah Anda untuk memegang batangan emas atau menyimpannya dalam bentuk digital," katanya.

(rzy)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here