Ini Salah Satu Faktor Penyebab Melonjaknya Kasus Positif Covid-19 di Sulsel : Okezone Nasional

JAKARTA – Provinsi Sulawesi Selatan (Sulawesi Selatan) secara mengejutkan mencatat catatan penambahan kasus baru pasien positif untuk Covid-19 pada hari Jumat, 19 Juni 2020. Setidaknya ada 207 kasus baru di Sulawesi Selatan.

Juru Bicara Satuan Tugas Sulawesi Selatan-19 Sulawesi Selatan, Syafri Arif menjelaskan mengapa ada lonjakan kasus di Provinsialnya. Itu karena dampak dari upaya pencarian yang digelar dalam skala masif seperti tracing dan tes intens di berbagai daerah.

"Ada program kami yaitu trisula. Salah satunya adalah pengujian besar-besaran, penelusuran dan pendidikan," kata Syafri dalam program Laporan Khusus iNews, Sabtu (20/6/2020).

covid-19

Dengan pengujian besar-besaran yang dilakukan oleh pihaknya, diharapkan untuk menghasilkan pasien yang dianggap memiliki potensi untuk menularkan Covid-19.

Kemudian pasien potensial terinfeksi Covid-19 dan dapat segera diisolasi untuk memutus rantai virus korona.

"Tentu saja kami berharap bahwa dengan pengujian besar-besaran ini, kami akan mendapatkan pasien yang memang telah mengkonfirmasi potensi untuk dapat mengirimkan dan kemudian kami akan mengisolasinya," jelas Syafri.

Lebih lanjut, menurut Syafri, konfirmasi positif yang tinggi pada hari Jumat, 19 Juni kemarin adalah karena sejumlah besar spesimen yang diperiksa.

"Jadi kemarin dikonfirmasi 207 dari sekitar 1.117 spesimen yang diperiksa," katanya.

Sulawesi Selatan menjadi provinsi dengan kontributor terbanyak untuk kasus Covid-19, pada hari Jumat, 19 Juni 2020. Ada lonjakan 207 kasus di Sulawesi Selatan kemarin. Angka ini lebih tinggi dari kasus positif Covid-19 di Jakarta dan Jawa Timur (Jawa Timur).

Berdasarkan Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, penambahan kasus korona positif baru di Sulawesi Selatan mencapai 207 atau meningkat dari 3.366 menjadi 3.573 pada hari Jumat 19 Juni.

(wal)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here