game mitologi

game mitologi
rock paper shotgun



GGWP.ID juga punya konten TikTok lur! Follow TikTok kita di @ggwp_esports untuk mendapatkan informasi gim dan esports setiap hari lur! Dijamin gak bikin baper yang ada malah hepi.


Game mitologi memang bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengisi waktu luangmu. Apalagi, kamu juga bisa belajar banyak dari game ini.

Kadang sejumlah game yang kita mainkan mencantumkan unsur pendidikan di dalamnya. Entah itu seperti bidang sains ataupun astrologi. Salah satu unsur pembelajaran yang menarik adalah sejarah

Banyak dari game terkenal menggunakan unsur sejarah untuk menguatkan elemen fantasi di dalam game mereka dan sejarah itu bukanlah sejarah biasa, melainkan lebih ke arah mitologi dan cerita rakyat.

Berbagai monster, siluman-siluman dan dewa-dewa selalu menjadi unsur yang menarik untuk dunia game dan belajar sejarah. Jika dikemas dengan pintar, maka video game itu bisa menjadi metode pembelajaran yang baik.

Berikut adalah beberapa video game yang memasukkan unsur-unsur mitologi di dunianya.


1. God of War

Tidak diragukan jika ini merupakan game paling populer yang membahas tentang mitologi. Kratos, sang dewa perang, memulai perang dengan dewa-dewa Yunani.

Tidak hanya dewa macam Zeus, Hades dan Poseidon saja, melainkan juga monster-monster pada mitologi itu seperti Cyclops, Medusa dan Cerberus.

Menariknya Kratos pun berpindah dari mitologi Yunani ke mitologi Norwegia, menuju dunia Thor dan Odin. Di situlah kita mulai mempelajari gambaran mitologi yang jarang didengar itu.

2. Never alone

Jika kamu jarang mendengar mitologi Norwegia, maka dipastikan kamu tidak pernah mendengar mitologi Inupiaq.

Mitologi ini merupakan milik orang eskimo dan Alaska, dan game ini memang dibuat dengan tujuan mengajarkan mitologi itu dengan bekerja sama dengan warga tersebut.

Mitologi ini hampir punah, namun Never Alone menceritakan sekaligus mendokumentasikannya dalam video game untuk pertama kali.

3. Kid Icarus

Ini adalah salah satu seri ternama Nintendo. Kid Icarus mengambil dunia mitologi Yunani sebagai basisnya. Sebagai contoh nama Eros dan Icarus.

Eros adalah dewa cinta, sedangkan Icarus adalah tokoh yang terbang ke angkasa menggunakan sayap buatan namun terjatuh karena sayapnya melelah sebab terlalu dekat dengan matahari. Ada pula karakter-karakter dewa lainnya, seperti Poseidon dan Hades.

4. Titan quest

Titan Quest menggabungkan langsung beberapa mitologi, yaitu mitologi Asia, Yunani dan Mesir. Dalam game ini kamu akan menjelajahi ketiga area tersebut untuk mengalahkan para titan di tiap mitologi.

Dengan gaya game seperti Diablo, kamu akan mengalahkan banyak makhluk dan siluman-siluman mitologi seperti Centaur, harpi dan Cyclops. Ada pula setting tempat yang sesuai dengan mitologi seperti Taman Gantung Babel.

5. Dante’s Inferno

Diambil dari karangan Dante yang berjudul Divine Comedy. Dante’s Inferno mengambil latar mitologi Katolik dan kamu akan menjadi seorang ksatria yang perlu mengembalikan jiwa kekasihmu dari Lucifer.

Hasilnya kamu akan menjelajahi sembilan tingkatan neraka seperti yang disebutkan Dante dalam karangannya dan itu tidak mudah, walaupun kamu membawa senjata suci.

6. Apotheon

Mitologi Yunani memang yang paling populer di antara mitologi-mitologi lainnya. Tidak terhitung berapa game menggunakannya sebagai dasar cerita, namun untuk Apotheon, game ini sepenuhnya adalah tentang Yunani.

Game ini sangat menarik lantaran menggunakan artstyle dengan gaya gambar Yunani pada zaman kuno. Apotheon berusaha untuk memiliki cerita yang lurus seperti sejarahnya. Itu berarti kamu akan langsung belajar sejarah ketika memainkannya.


7. Age of Mythology

Sudah sangat jelas lewat judul gamenya jika game ini akan berkutat di mitologi. Tetapi tidak hanya satu mitologi saja melainkan tiga sekaligus yaitu Norwegia, Yunani dan Mesir.

Game strategi ini memiliki pertarungan fantasi yang bagus dengan prajurit yang merupakan makhluk-makhluk mitologi. Bahkan, kamu dapat menggunakan kekuatan dewa berupa bencana alam untuk merusak infrastruktur lawanmu.

8. Okami

Okami memberikan gambaran keindahan mengenai mitologi Jepang. Sebagai serigala putih kamu harus membebaskan Jepang dari segala kejahatan.

Menarik adalah di dalam game itu terdapat mekanik menjadi sang penulis cerita sehingga tidak saja menjadi sang serigala, kamu juga akan merasakan sebagai sang pengarang. Oh iya, game ini menggunakan artstyle berupa gambar tinta yang ada di Jepang.

Baca juga: Selain The Last Of Us Part II, Jalan Cerita di 7 Game Ini Juga Tuai Kritikan Pedas

Itulah beragam game mengenai mitologi yang bisa kamu mainkan. Bagaimana menurut kamu?

Sumber: idntimes.com


Banner Tournament white alt 1

Mau jadi atlet esports, tapi gak punya tim? Bingung cari turnamen esports buat diikutin? Santuy lur, GGWP.ID punya platform turnamen di GGWP.ID/tournament. Di sini, kamu bisa mencari teman untuk buat tim, buat turnamenmu sendiri, dan juga daftar turnamen buat mengasah skill plus menang hadiah! Yuk daftarin diri kamu di sini, GRATIS slur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here