JAKARTA – Sekretaris Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Dudi Gardesi, menegaskan pihaknya optimistis banjir di ibu kota bisa dikendalikan dalam enam jam meski dengan fenomena La Nina.

“Menurut Ingub, dalam enam jam bisa dioptimalkan, tapi dengan syarat bukan limpasan air dari hulu. Tanpa luapan dari sungai, atau jubah dari laut,” kata Dudi saat dihubungi. Okezone, Kamis (26/11/2020).

Baca juga:

Cek Waduk Pondok Ranggon, Anies Pastikan Banjir di Jakarta Timur Bisa Diantisipasi

Antisipasi Banjir, Suku Dinas Pertamanan & Hutan Prioritaskan Relokasi Pohon

Dudi mengatakan, pihaknya telah membeli 19 pompa bergerak dengan kapasitas sedot air hingga 500 kubik per detik yang akan segera dikirim ke Jakarta.

“Mungkin itu proyek yang sedang berjalan, jadi kami tunggu semoga pertengahan Desember nanti,” ujarnya.

Ia menambahkan, Dinas SDA DKI Jakarta juga telah melakukan pengerukan sungai dan waduk untuk menambah kapasitas air.

“Seperti di Pondok Rangon, meski secara teknis belum memungkinkan, kami upayakan agar saat banjir datang bisa untuk sementara waktu memarkir air terlebih dahulu. Untuk mengurangi hilir,” jelasnya.

Dudi menjelaskan, bendungan yang pompanya rusak juga sudah diperbaiki. Sebanyak 30 pompa telah diservis dan diperbaiki guna mengoptimalkan kapasitas reservoir saat menghadapi La Nina di ibu kota.

“Misalnya Waduk Pluit, Waduk Ria Rio, kita bisa optimalkan agar airnya lebih besar. Kita minimalkan air yang tersedot dari pompa,” jelasnya.

Ia mengatakan, Pemprov DKI Jakarta telah menggali lebih dari 2.000 sumur resapan yang tersebar di lima wilayah Ibu Kota. Menurut dia, pembangunan ribuan sumur resapan juga melibatkan warga sekitar.

“Kita tingkatkan kualitasnya ada beberapa agar fungsinya lebih optimal. Misalnya di Cawang kita tambah lagi sumur resapan dengan sumur bor dalam yang mencapai lapisan pasir. Ternyata waktu setempat setempat hujan cukup efektif dalam mengurangi genangan di Jalan DI Pandjaitan, ”lanjutnya.

“Di timur dan ada beberapa yang melibatkan warga di Jakarta Selatan. Nanti saya update lokasinya,” imbuh Dudi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here