https: img.okezone.com content 2020 09 20 196 2280661 anak-zaman-sekarang-dinilai-kurang-menghargai-orangtua-PbM15Pbrsp.jpg

Anak-anak zaman sekarang sering dianggap kurang menghargai orang lain. Bahkan, mereka juga dianggap bandel dan keras kepala. Alhasil, para orang tua milenial membutuhkan cara khusus untuk mendidik dan mengontrol anak-anaknya.

Salah satu orang tua milenial yang kesulitan mendidik anaknya adalah Wiwin. Saat ini putra Wiwin baru saja lulus Sekolah Menengah Atas (SMU). Wiwin menuturkan, sejak kecil anaknya membutuhkan perhatian khusus agar bisa mengendalikan dirinya ke arah yang lebih baik.

Ibu dan anak

Salah satu caranya adalah dengan memberikan pemahaman secara halus kepada anak, sehingga dapat menyerap masukan dan saran dari orang tua dengan baik.

Intinya kita harus membuat anak nyaman dengan kita. Kita manfaatkan perasaan, jika anak merasa nyaman maka nasehat kita bisa terserap dengan baik, ”jelas Wiwin saat ditemui Okezone, beberapa waktu lalu.

Baca juga: PSBB Yuni Shara, Tanam Mainan di Halaman

Wiwin pun mengimbau kepada para orang tua milenial agar lebih leluasa dalam mendidik anaknya. Jangan sampai orang tua terbawa emosi yang akan berujung pada hubungan buruk antara anak dan orang tuanya.

“Bersabarlah. Jika anak kesal, orang tua harus menghadapinya dengan pengertian. Jangan emosional dan tantang anak Anda dengan kekerasan. Anak tidak takut, mereka bertindak kurang ajar,” lanjutnya.

Untungnya, hingga saat ini Wiwin berhasil mendidik anak-anaknya dengan cukup baik. Anak juga cenderung patuh dan selalu mendengarkan nasehat yang diberikan Wiwin.

Bahkan dalam beberapa kasus, justru anak yang meminta nasehat dan masukan dari orang tuanya saat menghadapi kesulitan.

“Anak saya buat dia masih terkontrol dengan baik. Mungkin karena sejak kecil saya cukup disiplin dalam mengajarkan perilaku etis dan terbawa hingga dewasa. Kadang anak saya datang untuk meminta pendapat atau sekedar menyampaikan keluhan kepada saya,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here