https: img.okezone.com content 2020 09 06 338 2273270 alasan-jam-malam-di-jakarta-perlu-diterapkan-saat-covid-19-SCZZHwf21p.jpg

JAKARTA – Epidemiolog Universitas Airlangga (Unair) Laura Navila Yamani menjelaskan alasan mengapa clock policy perlu diperhatikan untuk diterapkan di DKI Jakarta pada saat pandemi Covid-19 atau virus corona.

Menurut Laura, jam malam diberlakukan karena pada masa transisi PSBB masih banyak sektor usaha yang beroperasi meski belum mendapat izin.

“Ada juga yang mencuri dari membuka sektor yang tidak boleh dibuka selama masa transisi ini. Bahkan ada yang membukanya secara ilegal, seperti itu,” kata Laura kepada Okezone, Jakarta, Sabtu (5/9 / 2020).

Apalagi, kata Laura, Provinsi DKI Jakarta dalam beberapa hari terakhir memiliki jumlah tambahan konfirmasi positif tertular virus corona per hari.

“Saya kira perlu. Kalau PSBB (Pembatasan Sosial Skala Besar) tidak dilakukan, bagaimana kita bisa membatasi gerak,” kata Laura.

Menurut Laura, selama masa transisi PSBB, peningkatan kasus di Ibu Kota masih terus terjadi bahkan semakin tinggi. Oleh karena itu, diperlukan aturan yang jelas dalam menangani pandemi ini.

“Ini dikatakan masih dalam tahap transisi PSBB, dan aturan yang disampaikan agak kurang jelas,” ujarnya.

(kha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here