https: img.okezone.com content 2020 10 06 512 2289521 5-daerah-ini-paling-banyak-melanggar-protokol-kesehatan-di-jateng-EcA02Itywb.jpg

SEMARANG – Sebanyak lima daerah di Jawa Tengah (Jateng) banyak ditemukan pelanggar protokol kesehatan. Diantaranya Kabupaten Kudus sebanyak 8.775 pelanggar, Kabupaten Banyumas 6.524 pelanggar, Kabupaten Cilacap 6.453 pelanggar, Kota Tegal 5.290 pelanggar, dan Kabupaten Kebumen 4.127 pelanggar.

“Kalau ada sedikit, mungkin tidak ada yang melanggar, yang kedua kurang aktif. Jadi kalau dilihat dari sudut pandang mereka, 5 kota kabupaten teraktif,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat rapat koordinasi via video conference dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Luhut Binsar Pandjaitan, Senin (5/10/2020).

Ia pun mengapresiasi TNI, Polri dan Satpol PP yang aktif membantu di lapangan. Ganjar mengaku akan belajar dari Provinsi Jawa Timur yang merupakan provinsi dengan jumlah penuntutan terbanyak. Karena disusul hilangnya zona merah di provinsi tersebut.

Baca juga: Naik turunnya Kasus Covid-19 Positif Ditentukan oleh Disiplin Protokol Kesehatan

“Jateng nomor dua, tapi Jatim dan Sulsel bisa langsung tidak ada (zona) merah lagi. Menurut saya bagus dan kita bisa belajar,” ujarnya.

Di sisi lain, ia juga mengusulkan kepada tim gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP agar tidak hanya bertindak, tapi juga memberikan apresiasi kepada warga yang taat aturan kesehatan. “Bukan hanya menghukum, misalnya sesekali bertemu dengan saya memakai topeng cinta, terserah salam atau bunga, menurut saya pahala itu bagus,” kata Ganjar.

(aky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here